03
Sep

Quo Vadis Tekstil Indonesia

Liliek Setiawan
International Trade Expert
Diselenggarakan oleh

smesco Indonesia

Tipe
Webinar
Platform
Zoom
Tingkat Kesulitan
Pemula
Tanggal
Kamis, 03 September 2020
Waktu
10:00 - 12:00

Quo Vadis Tekstil Indonesia

Liliek Setiawan
International Trade Expert
Moderator Avianti Armand & Felencia Hutabarat

Tekstil merupakan komoditi ekspor selain migas yang menyumbang pendapatan devisa terbesar kepada negara. Namun, kebutuhan bahan baku industri tekstil dan produk tekstil, sebagian besar masih bergantung pada negara lain. Kapas, bahan utama dalam industri ini, masih tergantung pada Amerika Serikat, yang memang kualitasnya diakui dunia. Dari sisi teknologi dan kebutuhan pendukung lainnya kita juga masih impor.

Menghadapi kondisi ini, Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) berkolaborasi dengan Akademi Komunitas Solo, berupaya mengembangkan produk pewarna tekstil yang berasal dari tradisi pengrajin Indonesia agar bisa digunakan dalam industri modern berskala besar. Pewarna tradisonal alami yang semula hanya bisa disimpan selama 3 bulan kini diolah menjadi bentuk gel atau bubuk sehingga bisa bertahan di stok pabrik sampai 2 tahun.

Smesco Sparc menghadirkan Liliek Setiawan, Ketua API, untuk memberikan wawasan kepada pelaku UMKM mengenai perkembangan industri tekstil dan produk tekstil di Indonesia.

#siapbersamaKUMKM

#UMKMnaikkelas

#BanggaBuatanIndonesia

This site doesn't support mobile landscape mode.
Please rotate back to portrait mode.