What

Apa itu Sparc Campus

Sparc Campus adalah fasilitas yang disediakan Smesco sebagai inkubator untuk mempersiapkan generasi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dalam menghadapi tantangan-tantangan dunia usaha di masa kini dan masa depan.

Sparc Campus memperluas cakupan layanan Smesco (promosi dan pemasaran) dengan menyediakan kurikulum yang dapat menambah wawasan pelaku UMKM dengan memperkenalkan standar baru dalam keseluruhan proses usaha.

Kurikulum tersebut mencakup:

  1. Konsep (Pemikiran/Visi)
  2. Pasokan Material (Supply)
  3. Produksi
  4. Penjenamaan (Branding)
  5. Pemasaran (Marketing)
  6. Distribusi
  7. Daur Ulang

Why

Kenapa Sparc Campus Diselenggarakan

  1. Siap Masuk ke Dalam Era Produksi yang Berkelanjutan

    Dunia berubah dengan cepat. Informasi dan globalisasi membuat dunia menjadi sebuah jaring kerja dan ekosistem raksasa yang saling terhubung satu sama lain. Kemampuan membaca perubahan-perubahan tersebut, beradaptasi, dan menyusun strategi, adalah hal yang dibutuhkan oleh UMKM untuk dapat membangun dan mengembangkan kapasitasnya.

    Saat ini dunia dihadapkan pada krisis besar bernama Perubahan Iklim (Climate Change). Menyangkut dunia usaha, dengan segera kita akan menghadapi ancaman kelangkaan bahan baku, pangan, energi, dan limbah yang tak terolah. Banyak upaya dan kesepakatan antar negara yang sudah disiapkan untuk menghadapinya. Salah satunya adalah dengan melakukan langkah-langkah Produksi yang Lestari dan Berkelanjutan (Sustainable Production). Hal ini didukung dengan 17 poin dari Sustainable Development Goals yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa.

    Dengan alasan agar UMKM siap memasuki era Sustainable Production program-program dalam Sparc Campus disusun.

  2. Siap Masuk Konvoi Produk Nasional

    Konvoi Produk Nasional, salah satu program SMESCO, adalah kumpulan produk-produk unggulan dari UMKM seluruh Indonesia – baik dalam bentuk barang maupun jasa – yang telah melalui serangkaian kurasi berdasarkan kriteria-kriteria tertentu oleh tim kurator yang kompeten di bidangnya masing-masing. Kriteria-kriteria ini diperlukan untuk menjamin KPN sebagai satu platform pertukaran produk yang berkualitas.

    Produk-produk UMKM yang masuk dalam kurasi Konvoi Produk Nasional akan mendapatkan promosi dalam Sparc Trade* – sebuah platform pertemuan antara supply dan demand dalam bentuk hubungan B2B (business to business). Sparc Trade* akan menjadi wadah utama untuk menghubungkan pasokan dari program Konvoi Produk Nasional ke pembelinya, baik dalam dan luar negeri.

    Kriteria-kriteria yang ditetapkan untuk menseleksi produk dari UMKM yang akan masuk ke dalam KPN akan disusun sesuai dengan tantangan-tantangan dunia usaha di masa kini dan masa depan. Dengan demikian, program-program dalam Sparc Campus berelasi erat dengan upaya mempersiapkanUMKM untuk masuk ke dalam KPN.

Who

Siapa Penyelenggaranya

Sparc Campus diselenggarakan oleh SMESCO, disusun oleh tim ahli, dari berbagai disiplin.

Siapa Yang Terlibat Dalam Penyelenggaraanya

Dalam penyelenggaraannya, Smesco bekerja sama dengan para pengampu yang kompeten dalam isu Produksi yang Berkelanjutan (Sustainable Production).

Kurikulum tersebut mencakup:

  1. Konsep (Pemikiran/Visi)
  2. Pasokan Material (Supply)
  3. Produksi
  4. Penjenamaan (Branding)
  5. Pemasaran (Marketing)
  6. Distribusi
  7. Daur Ulang

Masing-masing materi adalah tahapan-tahapan dalam satu lini produksi yang sirkular. Dan tiap materi akan terbagi lagi dalam kelas-kelas yang mengangkat topik-topik khusus, dengan berbagai kategori usaha (Pangan, Kriya, Fesyen).

Siapa Yang Bisa Ikut Dalam Kelas-Kelasnya

Tiap UMKM akan bisa mengikuti kelas ini, baik secara utuh, maupun berdasarkan topik-topik tertentu.

Kelas ini akan dibuat dua jenis:

  1. Yang Gratis
    Kelas-kelas gratis adalah kelas-kelas pengenalan pada topik tertentu secara umum. Jika ingin mendalami topik tersebut, maka peserta bisa masuk ke kelas yang berbayar.
  2. Yang Berbayar dan Terjangkau
    Kelas berbayar akan memberikan bahasan yang lebih detail dan menyeluruh dari tiap topik. Selain mendapatkan paket pengajaran yang intensif, para peserta juga akan diberikan sertifikat.

When

Kapan Kelas-Kelas Akan Diadakan

Kelas-kelas akan diadakan berkala, dengan waktu dan topik yang akan bisa dilihat dalam halaman jadwal kelas dan pelatihan.

Where

Di Mana Kelas-Kelas Diselenggarakan

Semua Kelas Gratis akan disampaikan secara online (daring) melalui kanal-kanal webinar dan media sosial Smesco Indonesia.

Sementara itu, Kelas Berbayar akan disampaikan secara online (daring) dan offline (luring).

This site doesn't support mobile landscape mode.
Please rotate back to portrait mode.